Analisa Kinerja Revenue Assurance pada Layanan 3G Menggunakan Metode Balanced Scorecard

Agus Saeful Amal • Iwan Krisnadi
Journal article InComTech • 2013

Download full text
(Bahasa Indonesia, 16 pages)

Abstract

Dari berbagai studi yang dilakukan para penyedia jasa telekomunikasimenunjukkan bahwa kehilangan pendapatan yang diakibatkan olehkebocoran tidak lebih dari 3% dari total revenue yang didapatkan.Sementara, sebagian pakar industri dan hasil survey terhadap operatortelekomunikasi menunjukkan kemungkinan kehilangan tersebut berkisarantara 1% sampai 30% dari potensi pendapatan akibat kebocorandengan rata-rata kebocoran 3%. Pada tesis ini akan dicari berapa besarkebocoran revenue yang mungkin terjadi di PT. XYZ. Data diambil darirekaman pelanggan (CDR) yang khusus menggunakan layanan 3G, sertadata keluhan pelanggan. Pengukuran kinerja dilakukan denganpendekatan metode Balanced Scorecard (BSC). Dari hasil scoringdengan Balanced Scorecard diperoleh nilai total 94,96%, dimana nilaitersebut masuk sebagai kategori istimewa/excellent. Hasil yang samadidapatkan oleh hampir semua perpektif BSC, yaitu keuangan, prosesbisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Hanya perpektifpelanggan yang belum mencapai target KPI, walaupun masih masuksebagai kategori baik, yaitu 78,89%.

Metrics

  • 228 views
  • 271 downloads

Journal

InComTech

InComTech is a journal published by Program Studi Magister Teknik Elektro UMB as a forum for acad... see more