Pengaruh Perilaku Konsumen Mobile Internet terhadap Keputusan Pembelian Paket Layanan Data Unlimited Internet CDMA di DKI Jakarta

Handy Noviyarto
Journal article InComTech • 2010 Endonezya

Download full text
(Bahasa Indonesia, 23 pages)

Abstract

Teknologi GSM dan CDMA menjadi pilihan bagi pasar potensial bagipenyedia jasa operator jaringan telekomunikasi di Indonesia. Terustumbuhnya pasar internet membuat operator telekomunikasi giatberlomba memasarkan paket-paket jasa layanan data internet. Operatoroperatortelekomunikasi GSM ataupun CDMA seperti tak mau kalahmenawarkan paket-paket internet tersebut. Paket Mobile internet yanglagi menjadi trend dan menjadi komiditi produk andalan dari beberapaoperator Telekomunikasi untuk menawarkan dan mendapatkanpelanggan internet sebanyak mungkin adalah dengan menawarkan paketlayanan data “Unlimited Internet”. Keputusan pembelian konsumensangat dipengaruhi oleh perilaku pembelian dari konsumen tersebut.Adapun perilaku pembelian konsumen dapat diukur dari empat faktoryaitu faktor budaya(X1), sosial(X2), pribadi(X3) dan psikologi(X4).Oleh karena itu, penelitian ini melakukan analisa dari keempat faktortersebut, agar dapat diketahui apakah semua faktor tersebut berpengaruh,bagaimana hubungan dan seberapa besar pengaruhnya,serta faktor apayang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitiandibatasi hanya pengguna dari operator telekomunikasi CDMA yangmenyediakan jasa layanan paket data Unlimited Internet, denganmenggunakan metode penelitian bersifat deskriptif dan kuantatif. Teknikpengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner . Teknikanalisa data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, regresi berganda, uji F dan uji t dengan bantuan software SPSS 16.0.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa variabel faktorPsikologi(X4) dengan t hitung sebesar 3,608 memiliki pengaruh palingbesar/dominan/signifikan dalam keputusan pembelian paket layanandata unlimited internet CDMA di DKI Jakarta (dapat dibuktikan).

Metrics

  • 3312 views
  • 20971 downloads

Journal

InComTech

InComTech is a journal published by Program Studi Magister Teknik Elektro UMB as a forum for acad... see more